Beragam Budaya di Dunia ini, dengan kita berbagi ilmu dan pengetahuan itu sungguh sangatlah indah. "MARILAH KITA SALING BERBAGI"

Olah Raga Downhill Sang Pemicu Adrenalin

by Unknown , at 07.01 , have 0 komentar


Olah Raga Downhill Sang Pemicu Adrenalin



Downhill merupaka sebuah kegiatan yang dilakukan dari tempat yang memiliki ketinggian tertentu dengan cara bersepeda dan menurun kebawah. Banyak berbagai macam rintangan ditemui jika anda menggeluti aktivitas olahraga yang termasuk ekstrem ini. Untuk para penggila olahraga ekstream, Downhill lah olahrga yang tepat untuk memuaskan hasrat bagi para penikmat adrenalin. Adrenalin adalah sebuah hormon yang memicu reaksi terhadap tekanan dan kecepatan gerak tubuh kita. Tidak hanya gerak, hormon ini pun memicu reaksi terhadap efek lingkungan seperti suara derau tinggi atau cahayayang terang. Reaksi yang kita sering rasakan adalah frekuensi detak jantung meningkat, keringat dingin dan keterkejutan. Oleh karena itu banyak manusia yang sebagian besar memiliki hobi memacu adrenalin nya sendiri dengan berbagai macam cara. Untuk sebagian orang memilih kegiatan memacu adrenalinnya sendiri dengan cara bersepeda Downhill yang menuruni sebuah bukit dengan kecepatan semaksimal mungkin yang curam dan banyak sekali rintangan nya.

Jelas hal ini dapat cepat memicu adrenalin seseorang yang melakukannya, karena kecepatan dan ketinggianlah salah satu hal yang dapat memicunya adrenalin seseorang muncul dengan cepat. Untuk sebagian orang hal-hal ini termasuk hal yang dapat mencelakakan dirinya sendiri, bagaimana tidak, menuruni bukit curam dengan sepeda ditambah dengan kecepatan. Jelas dapat dengan mudah sekali menimbulkan cidera apa bila terjatuh pada saat melakukan hal tersebut. Oleh karena itu yang di utamakan dalam olahraga ini adalah keselamatan sang pelakunya.

Cidera, kata-kata cidera tak terlepas bagi para penikmat pemacu adrenaline, khususnya Downhill. Bagi para penikmat Downhill tentunya pernah mengalami cidera baik itu cidera ringan atau pun cidera parah. Banyak hal-hal yang mengakibatkan cidera dalam dunia olahraga. Olahraga biasa saja sering kita jumpai orang yang mengalami cidera, apalagi olahraga ekstrem seperti Downhill ini jelas tak luput dari kecelakaan yang di alami si pengendara.

Biasanya para pengendara mengalamai terkilir di tangan ataupun kakinya akibat terjatuh dari bukit yang curam ditambah dengan kecepatan itu sendiri. ‘’Saya pernah mengalami retak di lengan saya karena pada saat itu saya ingin melompati sebuah rintangan yang panjang nya 4 meter dan tingginya 5 meter’’ ujar Reza pembalap lokal yang sering melanglang buana di olahraga balap sepeda Downhil.

Safety First atau keselamatan yang nomer satu sangat lah diterapkan dalam olahraga Downhill ini, karena apabila kita tidak memikirkan keselamatan fatal akibatnya untuk diri kita sendiri. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga keselamatan di olahraga Downhill yaitu:

1. Pertama sebelum kita berpacu dengan sepeda, kita harus menggunakan helm full face khusus Downhill, ini berguna untuk melindungi kepala kita dari benturan ketika kita terjatuh.

2. Kedua kita harus memakai Leat Brace atau pelindung leher, ini sangat penting untuk melindungi leher sang pengendara apabila terjatuh tidak menyebabkan terkilirnya di daerah leher.

3. Ketiga sang pengendara harus menggunakan Elbow Pad dan Knee Pad, atau yang biasa disebut juga dengan pelindung kedua lutut dan kedua siku tangan kita. Ini berfungsi untuk melindungi kedua sikut dan lutut apabila pada saat terjatuh tidak mengalami luka.

4. Keempat sang pengendara harus memakai Googles atau kacamata khusus yang dipasangkan pada helm. Googles ini berfungsi untuk melindungi mata kita dari debu atau ranting-ranting pepohonan yang apabila terkena mata akan sangat amat mengganggu.

5. Kelima yang harus digunakan adalah Gloves atau sarung tangan yang berguna untuk melindungi telapak tangan kita dari goresan batu apabila kita terjatuh. Dan yang terkhir adalah Shoes atau sepatu,ini ada 2 jenis sepatu yang dipergunakan untuk Downhill, ada yang jenis Cleat dan Flat. Berguna sekali untuk melindungi pergelangan kaki para pengendara.  Semua itu adalah hal-hal yang sangat amat penting yang perlu kita perhatikan dalam melakukan olahraga sepeda Downhill. Karena keselamtan lah hal yang terpenting dalam kita melakukan sebuah olahraga yang memacu adrenalin.



Dari segi kesehatan jelas olahraga adalah suatu aktivitas dimana kita ingin mendaptkan kondisi tubuh yang prima. Setiap orang melakukan olahraga pastilah mencari sesuatu, entah itu untuk mendaptkan kesehatan dan juga untuk menjaga kondisi tubuh kita. Apakah dengan olaharga yang sering memacu adrenalin akan membuat kita semakin sehat atau bahkan semakin tidak membaik. Olahraga ekstrem bukan hanya bisa memacu adrenalin, namun bisa memberikan manfaat bagi kesehatan yang tidak sedikit. Saat sedang stres berat misalnya, melakukan olahraga ekstrem bisa menjadi solusinya. Ada beberapa karakteristik umum yang membedakan olahraga ekstrem dengan olahraga lain pada umumnya. Meskipun tidak eksklusif untuk anak muda, namun olahraga ekstrem cenderung dilakukan oleh mereka yang berusia 15 sampai 45 tahun. Ciri khas lainnya adalah olahraga ekstrem tidak dipraktikkan dalam kegiatan olahraga di sekolah, serta cenderung dilakukan individual daripada berkelompok.

Mereka yang melakukan olahraga ekstrem biasanya mendapatkan bimbingan khusus terlebih dahulu dari para ahli yang telah berpengalaman sebelum melakukannya. Olahraga ekstrem juga memiliki kekhususan tersendiri. Apabila olahraga lainnya mengedepankan persaingan dengan kompetitor, maka olahraga ekstrem berfokus pada menaklukkan rasa takut diri sendiri dan bagaimana kita bisa menghadapi tantangan alam. Variabel-variabel lingkungan yang tidak bisa ditebak, seperti cuaca dan medan yang terkait termasuk ketinggian, angin, air, salju dan dataran ekstrem, menjadi bagian dari tantangan yang harus bisa ditaklukkan para penikmat olahraga ekstrem.
Olah Raga Downhill Sang Pemicu Adrenalin
Olah Raga Downhill Sang Pemicu Adrenalin - written by Unknown , published at 07.01, categorized as Sepedaku . And have 0 komentar
Next Posting Lama
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

Contact

Saya ucapkan banyak - banyak terima kasih telah berkunjung di Papan Online saya, semoga informasi yang saya suguhkan sangatlah berfaat dan berguna bagi semuanya.

Karena BERBAGI itu indah, BERBAGI itu berkah,
Banyak teman, Banyak Berkah,

Salam BLOGGER MANIA buat kalian semua...
Eksis terus dan Jaya,,,

Kritik dan Saran bubungi saya di :
lord.adefa@gmail.com

Terima Kasih.
Copyright ©2013 Ozie Blog's by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger